Pengaruh Gratis Ongkos Kirim, Diskon dan Life Style Pada Marketplace Shopee terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Fakultas Syariah Institut Pesantren KH. Abdul Chalim
DOI:
https://doi.org/10.62589/alujrah.v2i02.236Kata Kunci:
Gratis Ongkos Kirim, Diskon, Life Style, Perilaku KonsumtifAbstrak
Seiring berkembangnya zaman, teknologi informasi saat ini sedang mengalami pertumbuhan yang sangat pesat. Perubahan gaya hidup manusia sekarang menjadi serbah mudah dan modern. dengan adanya teknologi informasi menjadikan manusia tidak perlu melakukan aktivitas yang melelahkan. Salah satu teknologi yang berpengaruh di masyarakat adalah internet. Pengguna internet di Indonesia setiap tahunnya mengalami peningkatan dalam lima tahun terakhir. Salah satu perkembangan teknologi dan gaya hidup masyarakat yaitu munculnya matketplace shopee. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan metode survey. Jumlah responden 83 yang dipilih menggunakan teknik sampel probabilitas (probability Sampling) dengan menggunakan rumus slovin dari seluruh mahasiswa Fakultas Syariah Institut Pesantren KH. Abdul Chalim. Metode analisis dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda dengan bantuan SPSS 25. Hasil penelitian ini, pada uji t menunjukkan bahwa variabel bebas gratis ongkos kirim, diskon dan life style berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku konsumtif. Pada uji F variabel bebas gratis ongkos kirim, diskon dan life style secara bersama-sama atau simultan terdapat pengaruh yang positif dan signifikan terhadap perilaku konsumtif. Dan berdasarkan nilai koefisien determinasi menunjukkan bahwa 47,3% perilaku konsumtif dipengaruhi oleh ketiga faktor diatas, sedangkan sisanya 52,7% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak jelaskan pada penelitian ini.