AL-UJRAH https://ejournal.staialakbarsurabaya.ac.id/index.php/al-ujrah <p>Al-Ujrah: Jurnal Ekonomi Islam</p> id-ID staialakbarsby@gmail.com (Prodi Ekonomi Syariah) srezasyafira@gmail.com (Suci Reza Syafira) Wed, 18 Dec 2024 00:00:00 +0000 OJS 3.2.0.3 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen pada Mini Market Hikmah Ketegan Tanggulangin https://ejournal.staialakbarsurabaya.ac.id/index.php/al-ujrah/article/view/330 <p>Mini market Hikmah adalah salah satu mini market yang terletak di Sidoarjo, lebih tepatnya di Ketegan Tanggulangin. Mini market Hikmah menyediakan berbagai macam produk mulai dari makanan, minuman ,kebutuhan dapur dan lain-lain. Pada penelitian skripsi ini peneliti menggunakan metode kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas produk dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen pada mini market Hikmah. Penelitian ini dilakukan di Ketegan dengan responden konsumen yang membeli atau berbelanja di mini market Hikmah. Dalam penelitian ini teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu non probability sampling. Sampel yang digunakan sebanyak 90 responden dari 900 konsumen dengan menggunakan rumus perhitungan Slovin. Metode penelitian ini menggunakan regresi linier berganda dengan alat bantu SPSS 25. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas produk dan kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen. Secara simultan kualitas produk dan kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen dengan nilai koefisien determinasi 73,4%.</p> <p><strong><em>Kata Kunci : Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan,&nbsp; Kepuasan Konsumen</em></strong></p> Iin Ilviatul Hikmah, Suci Reza Syafira Hak Cipta (c) 2024 AL-UJRAH https://ejournal.staialakbarsurabaya.ac.id/index.php/al-ujrah/article/view/330 Tue, 24 Dec 2024 00:00:00 +0000 Analisis Perbandingan Return dan Risk Antara Saham Syariah dengan Saham Konvensional (Studi pada Saham Syariah di Jakarta Islamic Index dan Saham Konvensional di Investor 33 Periode 2020-2022) https://ejournal.staialakbarsurabaya.ac.id/index.php/al-ujrah/article/view/301 <p>Di era globalisasi, investasi telah menjadi strategi jangka panjang untuk mencapai kesejahteraan dan kemandirian finansial. Perkembangan teknologi telah mempermudah akses ke berbagai instrumen investasi, termasuk pasar modal syariah yang menawarkan opsi investasi sesuai prinsip ekonomi Islam.</p> <p>Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif untuk menganalisis perbandingan return dan risk antara saham syariah di Jakarta <em>Islamic Index</em> dan saham konvensional di Indeks Investor33 selama periode 2020-2022. Analisis kuantitatif digunakan untuk menguji hipotesis, sementara analisis deskriptif menggambarkan data yang terkumpul.</p> <p>Hasil menunjukkan rata-rata <em>return</em> saham syariah sebesar 1,06% dan konvensional 1,61%, serta rata-rata <em>risk</em> saham syariah 11,56% dan konvensional 11,59%. Uji independent sample t-test menghasilkan nilai signifikansi (2-<em>tailed</em>) untuk <em>return</em> sebesar 0,372 dan <em>risk</em> 0,491, keduanya lebih besar dari 0,05. Ini menunjukkan tidak ada perbedaan signifikan pada <em>return</em> maupun <em>risk</em> antara saham syariah dan konvensional selama periode penelitian.</p> <p><strong><em>Kata Kunci: Return, Risk, Saham Syariah, Saham Konvensional</em></strong></p> Alfu Alfi Ni'am, Diah Syifaul A'yuni Hak Cipta (c) 2024 AL-UJRAH https://ejournal.staialakbarsurabaya.ac.id/index.php/al-ujrah/article/view/301 Tue, 24 Dec 2024 00:00:00 +0000 Analisis Faktor-Faktor Penyebab Pembiayaan Bermasalah pada Akad Murabahah dan Proses Penyelesaiannya Di BMT Harapan Ummat Tulungagung https://ejournal.staialakbarsurabaya.ac.id/index.php/al-ujrah/article/view/310 <p><strong><em>Abstrak</em></strong></p> <p>Jumlah penduduk Indonesia yang mencapai lebih dari 280 juta tidak diikuti dengan banyaknya lapangan kerja yang. Kesulitan mendapatkan pekerjaan menyebabkan banyaknya pengangguran. Hal ini mengharuskan masyarakat untuk lebih kreatif dalam mendapatkan penghasilan, salah satunya dengan berbisnis. Untuk menjalankan bisnis tentu dibutuhkan modal yang cukup besar, apalagi harga-harga semakin meningkat. <em>Murabahah </em>merupakan salah satu solusi yang dapat digunakan untuk mengatasi hal ini. <em>Murabahah </em>adalah akad jual beli antara nasabah dengan pihak perbankan dengan nilai margin yang disepakati bersama. BMT Harapan Ummat Tulungagung merupakan salah satu lembaga keuangan yang menyediakan layanan ini. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui standar penilaian kelayakan persetujuan pembiayaan <em>murabahah</em>, faktor-faktor penyebab pembiayaan bermasalah, dan tahapan penyelesaiannya. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan fenomenologis dengan jenis penelitian lapangan menggunakan metode kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menyebutkan bahwa penilaian kelayakan calon nasabah dalam pengajuan pembiayaan dengan menggunakan prinsip 5C. Pertama <em>Character </em>dinilai dari hasil wawancara dengan nasabah dan <em>cross check </em>ke lingkungan tempat tinggalnya. Kedua <em>Collateral</em> yaitu setiap pembiayaan harus disertai barang jaminan seperti sertipikat tanah atau bangunan, SK ASN bagi pegawai negeri, atau BPKB baik motor atau mobil. Ketiga <em>Capacity </em>dinilai dari dokumen laporan keuangan perusahaan, slip gaji, status kepegawaian, dan wawancara serta survei lokasi usaha bagi nasabah non karyawan. Keempat <em>Condition </em>dinilai dari faktor internal seperti status ekonomi dan jumlah anggota keluarga yang ditanggung dan bergantung. Dan faktor eksternal dinilai dari kondisi lingkungan. Kelima <em>Capital</em> dinilai dari bukti fisik usaha yang sedang dijalankan dan juga dapat diukur dari aset yang dimiliki. Faktor penyebab pembiayaan <em>murabahah </em>bermasalah di BMT Harapan Ummat Tulungagung dari faktor eksternal: 1) keperluan biaya pendidikan; 2) kebutuhan hidup sehari-hari; 3) bisnis berjalan tidak lancar; 4) piutang belum dibayarkan; dan 5) memiliki pinjaman di tempat lain. Dan dari faktor internal yaitu pihak BMT tidak menetapkan denda pada pembiayaan bermasalah yang tertulis dalam surat perjanjian yang pada akhirnya nasabah menggampangkan kewajibannya. Tahapan penyelesaian pembiayaan bermasalah di BMT Harapan Ummat Tulungagung. 1) dengan menghubungi nasabah melalui pesan dan telfon; 2) Mendatangi kediaman nasabah baik dengan janjian atau tidak; 3) negosiasi pembayaran angsuran dengan restrukturisasi atau menjual barang akad <em>murabahah </em>untuk menutup sisa kewajiban pembayaran; 4) Menunggu kesadaran nasabah untuk membayar. Tahap terakhir ini terjadi karena nasabah tidak bisa dihubungi dan ditemui.</p> <p><em>KataKunci</em>: Pembiayaan Bermasalah, <em>Murabahah, </em>BMT<em>.</em></p> Mohammad Saiful Rifai, Nurwahyuni, Chosinawarotin Hak Cipta (c) 2024 AL-UJRAH https://ejournal.staialakbarsurabaya.ac.id/index.php/al-ujrah/article/view/310 Wed, 18 Dec 2024 00:00:00 +0000 Pengaruh Atribut Islami, Kelengkapan Produk, dan Harga terhadap Loyalitas Konsumen pada Toko Basmalah cabang Plumbon, Pandaan, Pasuruan https://ejournal.staialakbarsurabaya.ac.id/index.php/al-ujrah/article/view/319 <p>Di Indonesia saat ini pertumbuhan penjualan ritel pada 2023 mengalami peningkatan mencapai kisaran 4% atau sejalan dengan pertumbuhan ekonomi Indonesia sekitar 5.5%, pesentase tersebut menurut Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (APRINDO). Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan metode survei. Dengan jumlah 100 responden yang dipilih menggunakan teknik sampel probabilitas <em>(probability sampel) </em>dengan menggunakan rumus Lemeshow dari seluruh konsumen yang berbelanja pada Toko Basmalah. Metode analisis dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda dengan bantuan SPSS 25. Hasil penelitian ini, pada uji t menunjukkan bahwa variabel bebas atribut Islami dan harga secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas konsumen, sedangkan variabel kelengkapan produk tidak terdapat pengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas konsumen. Pada uji F variabel bebas atribut Islami, kelengkapan produk dan harga secara simultan terdapat pengaruh yang positif dan signifikan terhadap loyalitas konsumen. Dan berdasarkan nilai koefisien determinasi menunjukkan bahwa 53,4 % loyalitas konsumen dipengaruhi oleh ketiga faktor diatas, sedangkan sisanya 46,6% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dijelaskan pada penelitian ini.</p> <p><strong>Kata Kunci: Atribut Islami, Kelengkapan Produk, Harga, Loyalitas Konsumen</strong></p> Nirza Balqisa Mabruroh, Nur Dinah Fauziah Hak Cipta (c) 2024 AL-UJRAH https://ejournal.staialakbarsurabaya.ac.id/index.php/al-ujrah/article/view/319 Tue, 24 Dec 2024 00:00:00 +0000 Dampak Kontribusi Pengusaha Tani Kopi dalam Meningkatkan Pendapatan Masyarakat (Studi Kasus Desa Sumberduren Kecamatan Krucil Kabupaten probolinggo) https://ejournal.staialakbarsurabaya.ac.id/index.php/al-ujrah/article/view/329 <p><strong><em>Abstrak</em></strong></p> <p>Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keadaan di Jawa Timur, perkebunan kopi telah menjadi pilar utama dalam memajukan perekonomian daerah dan dapat meningkatkan pendapatan masyarakat. Namun, masyarakat di Desa Sumberduren masih banyak yang menjual hasil panen kopinya dalam bentuk gelondongan basah. Dengan melihat sumber daya alam kopi yang melimpah, apalagi kopi kini telah menjadi andalan di Jawa Timur, maka perlu adanya inovasi dalam pengolahan produk agar dapat meningkatkan nilai tambah produk kopi dan harga jual produk kopi. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah (1) Bagaimana dampak kontribusi usahatani kopi dalam meningkatkan pendapatan masyarakat Desa Sumberduren. (2) Bagaimana tingkat pendapatan masyarakat Desa Sumberduren, Kec. Krucil, Kabupaten Probolinggo. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Pendekatan ini merupakan prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari organisasi dan perilaku yang diamati dan diarahkan pada latar alamiah dan individu secara utuh. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kontribusi pertanian kopi dalam meningkatkan pendapatan masyarakat di Desa Sumberduren memberikan dampak yang luas. Secara ekonomi, usaha ini menjadi sumber pendapatan utama masyarakat Desa Sumberduren, Kec. Krucil, Kabupaten Probolinggo.</p> <p><em>Kata Kunci: Kontribusi pertanian kopi, tingkat pendapatan masyarakat</em></p> Mochamad Sabiq Al Hadi, Intan Putri Nazila Hak Cipta (c) 2024 AL-UJRAH https://ejournal.staialakbarsurabaya.ac.id/index.php/al-ujrah/article/view/329 Tue, 24 Dec 2024 00:00:00 +0000 Strategi Penetapan Harga Jual Barang pada UMKM Toko Kelontong dalam Perspektif Ekonomi Syariah (Studi Kasus di Toko Barokah Des. Sembung Kec. Wringinanom) https://ejournal.staialakbarsurabaya.ac.id/index.php/al-ujrah/article/view/356 <p><strong><em>Abstrak</em></strong></p> <p>Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi penetapan harga jual beli pada Toko Kelontong di Dusun Sembung Kecamatan Wringinanom Kabupaten Gresik, serta meninjau kesesuaian strategi tersebut dengan prinsip-prinsip ekonomi syariah. Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data dikumpulkan melalui wawancara langsung dengan pemilik toko dan observasi lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemilik toko menerapkan strategi cost-based pricing, di mana harga barang ditentukan dengan menambahkan margin keuntungan sekitar 5-10% dari harga pokok barang. Selain itu, pemilik toko juga menggunakan strategi competitive pricing, menyesuaikan harga dengan toko-toko lain di sekitar untuk menjaga daya saing. Diskon dan harga khusus juga diterapkan kepada pelanggan tetap atau yang membeli dalam jumlah besar, guna meningkatkan loyalitas konsumen. Selanjutnya dari tinjauan ekonomi syariah, penetapan harga di toko tersebut sudah sesuai dengan prinsip-prinsip syariah, yaitu keadilan ('adl), transparansi, serta menghindari unsur gharar (ketidakpastian) dan riba. Strategi yang diterapkan juga mencerminkan nilai ihsan (berbuat baik), di mana toko tidak hanya mengejar keuntungan tetapi juga memperhatikan kesejahteraan konsumen, sesuai dengan maqashid syariah.</p> <p><strong><em>Kata Kunci</em></strong><em>: Strategi Penetapan Harga, Harga, Ekonomi Syariah, Strategi Penetapan Harga dari Perspektif Ekonomi Syariah</em></p> M. Ridwan Adi Wijaya, Fauzan Hak Cipta (c) 2024 AL-UJRAH https://ejournal.staialakbarsurabaya.ac.id/index.php/al-ujrah/article/view/356 Tue, 24 Dec 2024 00:00:00 +0000