Peran Ekstrakurikuler Pramuka dalam Membentuk Karakter Peserta didik Madrasah Ibtidaiyah Di Era Digital

Penulis

  • Fahmul Hikam Alghifari STAI AL AKBAR SURABAYA

Abstrak

Abstrak

Pendidikan karakter merupakan proses penerapan nilai-nilai moral dan agama kepada peserta didik melalui ilmu pengetahuan, penerapan nilai-nilai tersebut pada diri sendiri, keluarga, teman, guru dan lingkungan, serta Tuhan Yang Maha Esa. Perkembangan usia anak Madrasah Ibtidaiyah semakin meningkat. Awalnya hanya bersosialisasi dengan keluarga di rumah dan kemudian sedikit demi sedikit mengenal orang-orang di sekitar. Anak-anak di usia ini juga sudah familiar dengan gaya hidup digital, baik dari rumah, teman, sekolah, dan lingkungan sekitarnya. Era digital tidak hanya berdampak positif tetapi juga berdampak negatif. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan sumber data primer dari siswa, kepala sekolah seta pembina pramuka. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, dan dokumentasi. Untuk memperoleh keabsahan data yang objektif, maka teknik analisis menggunakan uji kreadibilas triangulasi sumber. Penelitian ini menggunakan teknik Miles dan Huberman yaitu data collection, reduksi data, penyajian data dan penyimpulan data. Hasil penelitian ini menunjukkan ektrakurikuler pramuka berperan untuk membentuk karakter pada peserta didik, hal tersebut ditunjukan dengan kegiatan kepramukaan yang bertujuan membangun karakter siswa, upaya yang dilakukan oleh pembina serta dukungan warga sekolah. Implikasi penelitian ini diharapkan dapat meningkatkan sikap kejujuran, ketelitian, kesabaran, kerjasama, tanggung jawab peserta didik maupun karakter lainnya. Selain itu dapat meningkatkan sikap saling menghormati dan menghargai baik sesama teman maupun kepada pembina dan guru.

Kata Kunci: Ekstrakurikuler Pramuka, Pendidikan Karakter, Era Digital

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-06-29