https://ejournal.staialakbarsurabaya.ac.id/index.php/tarbawiyat/issue/feedTARBAWIYAT2024-08-29T01:58:20+00:00Khusnul Isma Nurizajurnaltarbawiyat@gmail.comOpen Journal Systems<p>TARBAWIYAT : Jurnal Kependidikan</p> <p>Alamat : Ground Floor Masjid Nasional Al Akbar</p> <p> Jl. Masjid Al Akbar Timur No.1 Pagesangan jambangan Surabaya 60222</p>https://ejournal.staialakbarsurabaya.ac.id/index.php/tarbawiyat/article/view/262Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Mahluk Hidup2024-04-30T09:50:55+00:00Rofiqoh Firdausirofiqoh.firdausi@uniramalang.ac.idMelani Albaribnu.wagir@gmail.com<p>Secara umum pembeljaran kelas 4 di MI Manarul Huda Sukoanyar Wajak Pada umumnya siswa juga cenderung pasif kurang aktif dalam pembelajaran hanya menerima apa yang di sampaikan guru tanpa bisa mengeluarkan pendapat, bertanya, serta menjawab pertanyaan. Jika guru mengajukan pertanyaan, siswa tidak berani menjawab, Jika ada kendala siswa tidak berani bertanya. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap siswa kelas IV di MI Manarul Huda pada penguasaan materi “Mahluk Hidup” (2) Bagaimana peningkatan aktivitasbelajar siswa dalam menggunakan metode pembelajaran kooperarif tipe STAD dalam materi “Mahluk Hidup” Jenis Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Adapun Model PTK yang dipakai yaitu model kemmis dan tagart, peneliti melakukan dua siklus yaitu siklus I dan Siklus II. Hasil penelitihan Dapat diketahui bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan mulai tes awal, tes akhir siklus I, sampai tes akhir siklus II. Hal ini dapat diketahui dari rata-rata nilai siswa 50 (tes awal) dengan presentase 20 %, meningkat menjadi 80 (tes akhir siklus I) dengan presentase 68 %, dan meningkat lagi menjadi 85(tes akhir siklus II) dengan presentase 88%<strong><em>.</em></strong></p> <p><strong><em>Kata Kunci: Metode Kooperatif STAD,Hasil Belajar,Makhluk hidup</em></strong></p>2024-06-28T00:00:00+00:00Hak Cipta (c) 2024 TARBAWIYAThttps://ejournal.staialakbarsurabaya.ac.id/index.php/tarbawiyat/article/view/273Harmoni Asuhan: Analisis Dampak Metode Parenting terhadap Pendidikan dan Perkembangan Anak dalam Islam dan Psikologi2024-08-29T01:58:20+00:00Nur Mahmudahmamamudah866@gmail.comFatimah Azzahrofathimahiman@gmail.com<p>Anak sebagai anugerah dalam Islam, membutuhkan perhatian dan tanggung jawab orang tua sejak awal kehidupan. Islam mengajarkan pentingnya peran orang tua dalam pemilihan pasangan, persiapan pernikahan, dan pendidikan anak sejak dalam kandungan. Orangtua memiliki pengaruh yang signifikan dalam perkembangan anak dan peran mereka dalam menyosialisasikan serta merangsang kesadaran moral anak. Moral dan sikap orang tua mencerminkan nilai-nilai Islam, menekankan penghargaan, rasa hormat, dan kasih sayang. Perilaku orang tua memainkan peran kunci dalam membentuk karakter anak, memengaruhi perkembangan keseluruhan anak. Dalam menghadapi pendidikan anak, baik teori psikologi maupun ajaran Islam menunjukkan bahwa pendekatan efektif memerlukan beragam keterampilan, terutama responsivitas terhadap anak dan penanganan perilaku.Hasil penelitian menegaskan bahwa gaya pengasuhan yang efektif, sesuai dengan Islam, membentuk individu yang percaya diri, bertanggung jawab, dan memiliki regulasi diri yang kuat, mencerminkan keseimbangan antara prinsip-prinsip Islam dan kebutuhan perkembangan anak.</p> <p> </p> <p><strong><em>Kata Kunci</em></strong><em>: Pola Asuh, Perkembangan Anak, Islam</em></p>2024-06-28T00:00:00+00:00Hak Cipta (c) 2024 TARBAWIYAThttps://ejournal.staialakbarsurabaya.ac.id/index.php/tarbawiyat/article/view/285Pengembangan Media Tepuk Gambar dalam Pembelajaran Bahasa Arab Maharah Al-Kalam di Madrasah Aliyah Negeri 1 Mojokerto2024-08-23T07:01:04+00:00Muhammad Awaluddin Katalainialdin.katalaini@gmail.comNinik Indrawatininikindrawati.ikhac@gmail.comSiti Nurhaliza Koniyoalizakoniyo@gmail.com<p>Penelitian ini didasari dari permasalahan dan hambatan dalam proses pembelajaran bahasa Arab khususnya pada aspek maharah al-kalam. Hal ini dilatar belakangi masalah kurangnya kreatifitas dan inovasi guru dalam merancang sebuah proses pembelajaran yang menarik dan efektif. Sehingga menjadikan proses pembelajaran terkesan monoton dan membosankan. Dampaknya adalah banyak siswa yang pasif dan kurang maksimal dalam berinteraksi menggunakan bahasa Arab. Penelitian ini dirancang dengan menggunakan metode penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan model Bolg and Gall yang sudah dimodifikasi menjadi 4 langkah yaitu, penelitian dan pengumpulan data, perencanaan produk, pengembangan produk, dan validasi produk. Hasil penelitian didapatkan dari dokumentasi, observasi dan hasil validasi dari para ahli media dan ahli materi yang berupa angket. Penilaian dari ahli media ada tiga aspek yakni tampilan umum, tampilan khusus, dan penyajian media. Dengan presntase nilai sebesar 69% dengan kategori “layak”. Sedangakan ahli materi memberikan penilaian dari tiga aspek yakni relevansi, keakuratan, dan kesesuaian sajian dengan tuntutan pembelajaran yang terpusat pada siswa. Dengan presentase nilai sebesar 87% dengan kategori “sangat layak”. Berdasarkan kedua hasil analisis data dari ahli media dan ahli materi media pembelajaran Tepuk Gambar diperoleh nilai akumulasi sebesar 78% dengan kategori “layak”. Maka dengan hasil ini media pembelajaran Tepuk Gambar layak digunakan untuk pembelajaran bahasa Arab pada aspek maharah al-kalam.</p> <p><strong>Kata Kunci : </strong><em>Maharah Kalam, Media Tepuk Gambar, Penelitian dan Pengembangan</em></p>2024-06-29T00:00:00+00:00Hak Cipta (c) 2024 Tarbawiyat: Jurnal Kependidikanhttps://ejournal.staialakbarsurabaya.ac.id/index.php/tarbawiyat/article/view/275Pengaruh Keteladanan Guru Terhadap Kedisiplinan Siswa2024-08-19T05:30:51+00:00Java Ramadhana Nurhidayatullahjavaramadhana99@gmail.comAriga Bahrodinarigabahrodin@unhasy.ac.id<p>Faktor penyebab kedisiplinan siswa diantaranya adalah kepribadian guru yang mempengaruhi terbentuknya suasana kelas yang disiplin dan efektif. Peran guru sangat penting dan berpengaruh dalam menciptakan dan menjaga suasana disiplin selama proses pembelajaran di kelas. Namun, jika peran tersebut tidak dilaksanakan dengan baik, hal ini dapat menyebabkan siswa menjadi kurang disiplin. Berdasarkan latar belakang tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh keteladanan guru terhadap kedisiplinan siswa kelas IV di MI Al Falah Kuncung Ngoro Jombang. Penelitian ini mengadopsi pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Subjek penelitian terdiri dari 24 siswa yang berpartisipasi dengan mengisi angket. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dengan skala Likert dan observasi. Data yang terkumpul kemudian dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial nonparametris korelasi peringkat (rank spearman) dengan bantuan aplikasi SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara keteladanan guru dan kedisiplinan siswa. Hal ini diketahui dari uji korelasi peringkat (rank spearman) yang menghasilkan nilai signifikansi 0,000, yang lebih kecil dari 0,05. Selain itu, koefisien korelasi sebesar 0,959 menunjukkan hubungan positif yang sangat kuat, artinya ketika nilai keteladanan guru meningkat, kedisiplinan siswa juga meningkat.</p> <p><strong><em>Keywords: </em></strong><em>Keteladanan Guru, Kedisiplinan Siswa, MI (Madrasah Ibtidaiyah)</em></p> <p> </p>2024-06-29T00:00:00+00:00Hak Cipta (c) 2024 TARBAWIYAThttps://ejournal.staialakbarsurabaya.ac.id/index.php/tarbawiyat/article/view/286Implementasi Program Tahfidz di SDI Ash Shiddiq Buduran Sidoarjo Tahun Pelajaran 2022/20232024-08-19T05:26:42+00:00Muhammad Agus Syairofi Syafi'syairofiagus@gmail.comKhummaidatun Nihayahkhumida@gmail.com<p>Jurnal ini membahas peran pendidikan, khususnya pendidikan agama Islam, dalam mengembangkan kecerdasan spiritual peserta didik. Fokus utama adalah pada program Tahfidzul Qur'an, yang menjadi perhatian masyarakat luas. Pendidikan Islam diarahkan untuk membentuk individu dengan standar moral tinggi, atau akhlaqul karimah, sesuai ajaran agama Islam. Menghafal Al-Qur'an dianggap sebagai usaha mulia, sebagai ikhtiar untuk menjaga keaslian dan kemurnian ajaran Islam. Namun, ada tantangan dalam proses tahfidz, termasuk kurangnya motivasi peserta didik, hambatan internal dan eksternal, serta kurangnya dukungan orang tua. Penelitian ini dilakukan di SDI Ash Shiddiq Buduran Sidoarjo dengan menggunakan metode penelitian kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi program tahfidz mengalami keberhasilan dan tantangan. Dukungan orang tua, manajemen yang efektif, dan kreativitas guru dalam menginspirasi peserta didik menjadi faktor penentu keberhasilan. Namun, beberapa hambatan, seperti kurangnya semangat peserta didik dan kurangnya kemampuan membaca Al-Qur'an, juga diidentifikasi. Upaya untuk mengatasi hambatan termasuk penyediaan instruktur pembimbing, peningkatan kerja sama dengan orang tua, dan penerapan metode kreatif dalam pembelajaran.</p> <p><strong>Kata Kunci:</strong> Implementasi, Kurikulum 2013, Tahfidz</p> <p> </p>2024-06-29T00:00:00+00:00Hak Cipta (c) 2024 TARBAWIYAT