Peningkatan Prestasi Mata Pelajaran IPS melalui Teknik Pembelajaran Mind Mapping pada Siswa Kelas VI di Sumenep

Penulis

  • Tri Sutrisno Institut Agama Islam Negeri Madura

Abstrak

Mind Mapping bentuk narasi dapat ditulis siswa dengan cara merangkai sedemikian rupa konsep-konsep yang telah ditulis pada Mind Mapping bentuk kepala rambut. Dengan cara ini tanpa disadari siswa dapat mengembangkan materi yang dipelajari dengan lebih mudah, isi laporan lebih berkembang dan penulisan tersaji dengan runtut. Kebebasan berekspresi seni terfasilitasi, dengan spidol berwarna-warni siswa bebas menorehkan keinginannya. Tujuan yang akan dicapai dalam penelitian ini, sebagai berikut: ingin mengetahui Apakah Teknik Pembelajaran Mind Mapping Dapat Meningkatkan Prestasi Siswa Kelas VI SDN Ambunten Tengah III Kecamatan Ambunten Sumenep Mata Pelajaran IPS Semester II Tahun Pelajaran 2021-2022 ? Penelitian ini termasuk jenis Penelitian Tindakan Kelas atau PTK. Penelitian tindakan ini diharapkan memperbaiki proses pembelajaran yang telah dilakukan oleh guru. Penelitian Tindakan Kelas merupakan kegiatan yang berhubungan dengan tugas guru untuk mengatasi masalah nyata yang ditemukan dalam melaksanakan tugas pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian tentang “Peningkatan Prestasi Belajar siswa kelas VI menggunakan teknik pembelajaran Mind Mapping pada mata pelajaran IPS semester 1I SDN Ambunten Tengah III Kecamatan Ambunten tahun pelajaran 2021-2022: sebuah Penelitian Tindakan Kelas”, maka dapat disimpulkan bahwa : Penggunaan teknik pembelajaran Mind Mapping pada mata pelajaran IPS dapat meningkatkan prestasi hasil belajar siswa, dari semula rata-rata nilai rapor 64,8 setelah dilakukan tindakan terjadi peningkatan rata-rata nilai tes prestasi hasil belajar yaitu 81,4. Target yang telah ditetapkan oleh peneliti untuk rata-rata nilai prestasi hasil belajar adalah 70,0 sehingga setelah dilakukan tindakan target tersebut telah tercapai pada siklus II bahkan
melebihi target yang telah ditetapkan. Penggunaan teknik pembelajaran Mind Mapping pada mata pelajaran IPS dapat meningkatkan ketuntasan belajar siswa yang tingkat ketuntasan belajar siswanya hanya 47 % (14 siswa dari 30 siswa), setelah dilakukan tindakan terjadi peningkatan ketuntasan belajar
pada siklus II yaitu 96 % (27 siswa dari 28 siswa). Target yang ditetapkan oleh peneliti untuk tingkat ketuntasan belajar siswa adalah 70 % sehingga setelah dilakukan tindakan target tersebut telah tercapai bahkan melebihi target yang telah ditetapkan.
Kata Kunci : Prestasi, Pembelajaran, Mind Mapping

Diterbitkan

2023-06-29