Implementasi Pendidikan Karakter Disiplin Melalui Kegiatan Keagamaan Di MI Hasyim Asy’ari Jambangan Dampit
Kata Kunci:
Pendidikan Karakter, Disiplin, Kegiatan KeagamaanAbstrak
Fokus penelitian ini ditekankan pada pendidikan karakter disiplin siswa di sekolah melalui kegiatan keagamaan. Penelitian ini dilatar belakangi oleh sikap disiplin siswa yang kurang baik dan kecenderungan mereka tidak memiliki rasa tanggung jawab yang baik. Penelitian ini menggunakan jenis deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Tujuan penelitian ini adalah untuk membuat deskripsi, gambaran atau lukisan secara sistematif, faktual dan akurat mengenai penerapan kegiatan keagamaan untuk mengembangkan karakter kedisiplinan siswa di sekolah. Hasil penelitian menunjukan bahwa pendidikan karakter disiplin siswa yang dikembangkan yaitu relegius, disiplin dan tanggung jawab. Penerapan pendidikan karakter disiplin tentunya tidak selamanya berjalan dengan baik dan lancar. kekompakan dalam bekerjasama bapak ibu guru, sarana dan prasarana yang cukup lengkap, dukungan masyarakat.ada juga faktor penghambat seperti terkendala nya sarana dan prasarana, kurangnya dorongan dari orang tua, Kurangnya kesadaran orang tua akan pentingnya dampingan terhadap perkembangan sang anak. Peserta didik yang belum istiqomah dalam menerapkan pembiasaan-pembiasaan yang diajarkan di sekolah menjadi kendala bagi sekolah ketika semua pembiasaan yang diterapkan atau ditanamkan di sekolah setiap hari. Upaya yang diberikan oleh pihak sekolah kepada siswa yang kurang disiplin dalam menjalankan pembiasaan-pembiasaan yang rutin dilakukan di sekolah adalah dengan memberikan sanksi yang mendidik.
Kata Kunci: Pendidikan Karakter, Disiplin, Kegiatan Keagamaan