Implementasi Media Quizizz dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca Bahasa Arab Siswa

Penulis

  • Nur Laila Rahmawati Institut Attanwir Bojonegoro
  • Asnawi Asnawi Institut Attanwir Bojonegoro
  • Malikul Anas MAN 2 Bojonegoro
  • Diva Nur Sa’adah Institut Attanwir Bojonegoro
  • Faridaturrohmah Faridaturrohmah Institut Attanwir Bojonegoro

DOI:

https://doi.org/10.62589/t.v4i01.380

Kata Kunci:

Implementation, Quizizz, Reading Skills, Children

Abstrak

Abstract

The purpose of this study is to describe the implementation and effectiveness of Quizizz as a medium to improve Arabic reading skills (maharah al-qira'ah) in children. This reading skill includes the ability to read Arabic text fluently, translate it, and understand it properly and correctly. Reading skills play a crucial role in understanding written information. An innovative way to enhance this skill is by using interactive learning media such as Quizizz. This research employed a descriptive qualitative method. The findings indicate that the use of Quizizz—through formats like images, story sentences, and dialogues—can effectively improve children's reading skills. Learning activities become more dynamic, making children highly engaged, active, cheerful, and motivated to learn and read Arabic texts.

 

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan implementasi dan efektivitas media Quizizz dalam meningkatkan keterampilan membaca (maharah al-qira'ah) bahasa Arab pada anak-anak. Keterampilan membaca ini mencakup kemampuan membaca teks bahasa Arab dengan lancar, menerjemahkan, serta memahaminya dengan baik dan benar. Keterampilan membaca memegang peranan penting untuk memahami informasi tertulis. Salah satu cara inovatif untuk meningkatkannya adalah dengan menggunakan media pembelajaran interaktif seperti Quizizz. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Quizizz dengan format gambar, kalimat cerita, dan dialog dapat secara efektif meningkatkan keterampilan membaca anak. Aktivitas pembelajaran menjadi lebih hidup, membuat anak-anak sangat terlibat, aktif, ceria, dan termotivasi untuk belajar serta membaca teks bahasa Arab.

 

##submission.downloads##

Diterbitkan

2025-06-26