Penerapan Keterampilan Variasi Pembelajaran dalam Upaya Meningkatkan Minat Belajar pada Mata Pelajaran Tematik Kelas II-2 di MI Salafiyah Bahauddin Ngelom Sidoarjo

Penulis

  • Reza Lucia Daneswara STAI Al Akbar Surabaya
  • Khusnul Isma Nuriza STAI Al Akbar Surabaya

Abstrak

Keterampilan variasi pembelajaran merupakan keterampilan yang harus dikuasai oleh seorang guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan variasi pembelajaran dan kendala dalam penerapan keterampilan variasi pembelajaran dalam upaya meningkatkan minat belajar peserta didik pada mata pelajaran tematik kelas II-2 di MI Salafiyah Bahauddin Ngelom, Sidoarjo. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan objek penelitian guru dan peserta didik kelas II-2 dengan jumlah peserta didik sebanyak 23 orang. Penelitian ini menggunakan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Peneliti merupakan instrument utama dalam melakukan penelitian yang dibantu dengan lembar observasi, hasil wawancara dan dokumentasi untuk memperkuat penelitian. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dan diuji melalui triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Keterampilan mengadakan variasi pembelajaran yang dilakukan guru sudah bervariasi seperti variasi suara, penekanan, pemberian waktu, gerakan anggota badan, mimik wajah, perubahan posisi, penggunaan media pembelajaran dan interaksi yang terjalin dengan peserta didik selama pembelajaran berlangsung (2) Kendala dalam penerapan keterampilan variasi yang dilakukan guru meliputi dari segi peserta didik, waktu yang terbatas dan sarana dan prasarana yang terbatas.

Kata Kunci : Keterampilan mengadakan variasi, Minat, Tematik

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-12-30