Penerapan Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Tanggul Wetan Jember

Penulis

  • Asih Nurwahyuni Universitas Islam Negeri Fatmawati Sokarno Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.62589/t.v2i02.212

Kata Kunci:

Keywords: Scientific Approach, History of Islamic Culture

Abstrak

Dalam rangka menerapkan pendidikan yang bermutu dan berkualitas, pemerintah telah menetapkan perubahan pada kurikulum pendidikan. Pergantian dari Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) ke Kurikulum 2013 (K-13). K-13 dengan pendekatan saintifik diiringi dengan strategi pembelajaran yang sesuai dengan pendekatan saintifik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan pendekatan saintifik dalam pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) di MIN Tanggul Wetan Jember. Sedangkan pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, 1) Perencanaan pendekatan saintifik yaitu mengkaji silabus, merumuskan indikator pencapaian Kompetensi Dasar, menentukan materi pembelajaran yang berasal dari buku teks, buku panduan guru dan sumber lain, menjabarkan kegiatan pembelajaran yang lebih operasional berupa pendekatan saintifik yang sesuai dengan kondisi peserta didik dan satuan pendidikan. 2) Pelaksanaan pendekatan saintifik dengan langkah mengamati, menanya, mengumpulkan informasi/mencoba, menalar/mengasosiasi, dan mengomunikasikan mendapati kesuliatan dalam hal mengamati gambar yang kurang jelas. 3) Evaluasi penerapan pendekatan saintifik dalam hal perencanaan diperlukan adanya pelatihan mendalam bagi guru terkait penyusunan RPP. Pelaksanaan pembelajaran dengan pendekatan saintifik kurang optimal dikarenakan siswa perlu penyesuaian dengan kurikulum K-13 dan kurangnya media pembelajaran.

Kata Kunci: Pendekatan Saintifik, Sejarah Kebudayaan Islam

 

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-12-07