Peningkatan Menulis Cerpen Melalui Pembelajaran berbasis Proyek pada Siswa Kelas IV MINU Ngingas Waru Sidoarjo

Penulis

  • Lailatul Maghfiroh UIN Sunan Ampel Surabaya
  • Jauharotin Alfin UIN Sunan Ampel Surabaya

Kata Kunci:

Kata Kunci : Literasi, Menulis, Cerita Pendek, Project Based Learning

Abstrak

Latar belakang penelitian dilakukan ini karena minimnya literasi siswa Indonesia terutama menulis dalam menuangkan ide ke dalam karya tulis. Cerpen dipilih karena membutuhkan waktu yang relatif singkat, mudah dipahami, dan alur cerita yang menarik disertai gambar – gambar untuk membantu visualisasi pembaca. Menulis adalah dasar dari literasi selain membaca dan pembelajaran menulis menjadi keterampilan yang harus dikuasai siswa di dalam Kurikukum 2013. Untuk meningkatkan kamampuan tersebut diperlukan metode Project Based Learning (PjBL) atau Pembelajaran Berbasis Projek yang terbukti efektif. Metode penelitian yang dilakukan adalah quasi eksperimental design. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terhadap hasil belajar siswa kelan IV MINU Ngingas Waru pada pembelajaran menulis cerita pendek (cerpen). Intrumen dalam penelitian ini berupa instrument tes. Pengumpulan data diperoleh melalui hasil pre test sebelum penerapan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dan post test setelah model pembelajaran Project Based Learning (PjBL). Rata – rata nilai yang didapat pada hasil pre test adalah 68,93 dan pada hasil post test adalah 76,63 sehingga mengalami kenaikan sebesar 7,70. Jadi, disimpulkan bahwa impelementasi model Project Based Learning (PjBL) pada pembelajaran cerpen berhasil meningkatkan ketrampilan menulis siswa kelas IV MINU Ngingas Waru Sidoarjo.

Kata Kunci : Literasi, Menulis, Cerita Pendek, Project Based Learning

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-12-28