Strategi Guru Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Sholat Dhuha Siswa MAN 3 Jombang
Abstrak
Strategi guru adalah, suatu tindakan atau alat yang dilakukakan untuk mencapai tujuan dengan menggunakan sumber daya yang ada. Dan dengan adanya strategi guru dapat mendisiplinkan para siswa dalam menjalankan sholat dhuha di sekolah. Jika tujuan awal adanya strategi guru ini untuk mendisiplinkan para siswa di sekolah, maka sebenarnya strategi guru itu juga dapat menumbuhkan rasa semangat dan tanggung jawab dalam beribadah. Berdasarkan permasalahan tersebut, tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui strategi guru di MAN 3 Jombang. 2) untuk mengetahui kedisiplinan sholat dhuha siswa di MAN 3 Jombang. 3) untuk mengetahui startegi guru dalam mendisiplinkan sholat dhuha siswa. Jenis penelitian ini yaitu studi kasus melalui pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penenlitian ini meliputi: (1) Strategi guru di MAN 3 Jombang dalam pembelajaranya dengan cara memberikan materi kepada para siswa khususnya dalam materi ibadah, sebelum memberikan materi ibadah para guru juga mengajarkan tata cara ber wudhu dengan syarat dan rukunnya, dan materi itu dikhususkan untuk para siswa yang lulusan dari MTs dan SMP. (2) kedisiplinan sholat dhuha di MAN 3 Jombang baik, karena sudah terbiasa sholat dhuha juga para siswa sudah tau jadwalnya. Jadi, ketika pas sudah jadwalnya maka para siswa langsung ke masjid, untuk melaksanakan shalat dhuha yang dilaksanakan pada jam istirahat, tapi juga dikawal dengan adanya tim atau kelompok agar mereka dapat melaksanakan ibadah shalat dhuha, maka kita bimbing, kita kawal saat melakukan shalat dhuha, baru kemudian para siswa diperbolehkan istirahat. (3) Strategi guru dalam meningkatkan kedisiplinan sholat dhuha siswa di MAN 3 Jombang, salah satunya yaitu membentuk tim yang dinamakan S3. Jadi di MAN 3 Jombang itu ada program S3, yaitu program untuk komunikasi antar siswa, guru dan karyawan. S yang pertama yaitu salam, kalo ketemu orang ketemu guru salam, kemudian S yang kedua yaiyu sholat, jadi anak-anak diajak sholat, maka untuk kegiatan yang ini ada sholat dhuha, kemudian sholat dhuhur berjamaah, seluruh siswa diharuskan mengikuti sholat dhuha ketika jam istirahat. Dan S yang ketiga yaitu sopan santun. Jadi strategi di MAN 3 Jombang agar para siswa nya disiplin sholat dhuha dengan membuat tim, dari dewan guru untuk kegiatan sholat dhuha agar anak-anak menjadi trampil dan biasa melaksanakan sholat dhuha.