Penerapan Metode NHT Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika
Abstrak
Dalam pembelajaran Matematika siswa kelas V MI Mambaul Ulum hasil belajar siswa masih banyak yang dibawah nilai KKM. Oleh karena itu tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V MI Mambaul Ulum Banjarejo Matematika menggunakan metode Number Head Together (NHT). Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Adapun model PTK yang dipakai adalah model Kemmis dan Mc Taggart, peneliti melaksanakan penelitian melalui dua siklus yakni siklus I dan siklus II. Dengan langkah-langkah sebagai berikut: 1) Perencanaan, 2) Pelaksanaan, 3) Pengamatan dan 4) Refleksi. Dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan instrument penelitian adalah wawancara, tes, observasi dan dokumentasi. Dan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode NHT hasil belajar dan proses pembelajaran meningkatkan dan sesuai dengan kriteria yang ditetapkan. Hal ini dibuktikan dari nilai rata-rata pada tes pra tindakan sebesar 59,17 dan presentase ketuntasan sebesar 44,44% dengan 8 siswa yang tuntas meningkat pada siklus I dengan nilai rata-rata 76,94 dan presentase ketuntasan 61,11% dengan 11 siswa yang tuntas. Dan hasil presentase ketuntasan post test siklus II sebesar 83,33% dan nilai rata-rata siswa adalah 84,83 dari 18 siswa yang mengikuti ujian 15 siswa tuntas dan 3 siswa tidak tuntas.