Strategi Pemasaran Industri Olahan Ikan Pada Ukm Khafidz Jaya Di Desa Tambak Oso Kecamatan Waru Kabupaten Sidoarjo Jawa Timur Ditinjau Dari Perspektif Ekonomi Syariah
DOI:
https://doi.org/10.62589/jurnalpemikiranislam.v1i02.32Kata Kunci:
Processed Fish Industry, Marketing Strategy, Syariah Marketing Strategies, SMEsAbstrak
Usaha Kecil dan Menengah (UKM) merupakan salah satu sektor paling berpengaruh dalam ekonomi nasional dan memberikan lapangan kerja yang baru. Penelitian bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi pemasaran Industri Olahan Ikan pada UKM Khafidz Jaya di Desa Tambak Oso Kecamatan Waru Kabupaten Sidoarjo Jawa Timur ditinjau dari Perspektif Ekonomi Syariah, penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Analisis yang digunakan adalah analisis SWOT (Strenght, Weakness, Opportunity, Threat) dengan menggunakan matriks SWOT. Berdasarkan hasil dari analisis melalui matriks SWOT di temukan bahwa memperluas distribusi penjualan; meningkatkan kualitas produksi; Menjaga tingkat kepercayaan konsumen; Menjaga hubungan dengan masyarakat; Meningkatkan kerjasama dengan pemerintah desa; Mempertahankan harga; Mencantumkan manfaat produk pada kemasan; Meningkatkan promosi produk melalui digital marketing; Memperluas lahan untuk proses Produksi; Mengupayakan tempat untuk dapat di jangkau dengan menggunakan aplikasi Maps; Mempelajari strategi promosi; Mengikuti pelatihan tentang strategi promosi; Mengupayakan modal melalui bantuan UKM dan peningkatan produksi.##submission.downloads##
Diterbitkan
2022-10-02
Terbitan
Bagian
Artikel