Strategi Guru PAI dalam Mewujudkan Nilai-nilai Moderasi Beragama di SMKN Mojoagung
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi guru PAI dalam mewujudkan nilai-nilai moderasi beragama di SMKN Mojoagung dan nilai-nilai moderasi beragama yang ada pada peserta didik. Jenis penelitian ini peneliti mengunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Metode penelitian kualitatif ini digunakan untuk meneliti tentang strategi guru PAI dalam mewujudkan nilai-nilai moderasi beragama di SMKN Mojoagung. Studi kasus yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi tempat penelitian, metode wawnacara kepada narasumber-narasumber, dan dokumentasi pada saat observasi tempat dan wawancara narasumber. Hasil penelitian dari penelitian yang dilakukan adalah guru PAI menggunakan beberapa strategi yang dapat membuat peserta didik mampu menerima dengan baik dan benar yaitu Strategi guru PAI dalam menjelaskan tentang moderasi beragama, peserta didik akan menerima penjelasan dari guru tentang nilai moderasi beragama dengan menggunakan strategi ceramah di depan kelas dan guru pun menggunakan strategi mencontohkan atau mengaplikasikan ke peserta didikĀ tentang nilai moderasi di sekolah.