Pengaruh Metode Tasmi' Terhadap Kualitas Hafalan Siswa Program Tahfidz di MTs Ar Rahman Nglaban Diwek Jombang

Penulis

  • Fafiru Irsyadul Ibad Universitas Hasyim Asy'ari Tebuireng Jombang
  • Ariga Bahrodin Universitas Hasyim Asy'ari Tebuireng Jombang

Kata Kunci:

METODE TASMI', KUALITAS HAFALAN, PROGRAM TAHFIDZ, HAFALAN AL-QUR'AN

Abstrak

Jurnal dengan judul Pengaruh Metode Tasmi’ Terhadap Kualitas Hafalan Siswa Program Tahfidz Di MTs Ar Rahman Nglaban Diwek Jombang, menjabarkan bagaimana sebuah metode menghafal Al-Qur’an diterapkan pada siswa lembaga sekolah. Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui bagaimana keadaan metode tasmi’ dalam program tahfidz MTs Ar-Rahman. Dan untuk mengetahui pengaruh antara metode tasmi’ yang diterapkan terhadap kualitas hafalan siswa yang mengikuti program tahfidz. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, dimana data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis statistik, melalui pengujian yang meggunakan aplikasi SPSS. Objek penelitian ini dikhususkan pada siswa MTs Ar-Rahman Nglaban Diwek yang mengikuti program tahfidz, dengan sampel data menggunakan 30 siswa. Dengan hal ini, maka frekuensi hasil akan menemukan jawaban dari apa yang telah menjadi tujuan penelitian. Dan hasil penelitian ini adalah metode tasmi’ berpengaruh bagi siswa program tahfidz MTs Ar-Rahman Nglaban Diwek Jombang, dengan pendapatan preentase yaitu 60%. Kemudian, kualitas hafalan siswa program tahfidz sudah cukup baik, namun tentu harus selalu di tingkatkan lagi kualitas hafalannnya. Dan yang ketiga tidak ada pengaruh antara metode tasmi’ dengan kualitas hafalan siswa, hal ini diketahui dari uji regresi yang dilakukan peneliti dengan mendapatkan nilai signifikan 0.429 yang mana itu lebih besar dari 0,05. Dengan mengacu dari dasar pengambilan keputusan apabila nilai signifikan lebih kecil dari 0,05 maka ada pengaruh antara variabel x dan juga variabel y. Namun jika lebih besar nilai signifikannya maka tidak ada pengaruh antara variabel x dan juga variabel y.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-12-29