Pengaruh Gaya HIdup, Harga dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Aplikasi Shopee Pada Mahasiswi Asrama IKHAC
DOI:
https://doi.org/10.62589/alujrah.v2i01.77Abstrak
Dalam memenuhi gaya hidup shopee menawarkan harga yang terjangkau oleh mahasiswi disamping itu faktor kepercayaan juga membentuk keputusan pembelian sehingga menarik mahasiswi untuk berbelanja online. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti Pengaruh Gaya Hidup, Harga dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian Online Melalui Aplikasi Shopee Pada Mahasiswi Asrama Beasiswa Institut Pesantren KH. Abdul Chalim. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif dengan metode survey. Data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data primer dan data sekunder. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode kuesioner. Penelitian ini menggunakan 83 responden sebagai sampel penelitian dengan teknik penentuan sampel menggunakan teknik probability sampling. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis regresi linier berganda yang diolah dengan menggunakan software SPSS versi 28. Dimana variabel keputusan pembelian (Y), gaya hidup (X1), harga (X2) dan Kepercayaan (X3). Pada pengujian hipotesisi uji T dan uji F menunujukan bahwa gaya hidup, harga dan kepercayaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Berdasarkan hasil pengujian pada uji koefisien determinasi (R2) yang terlihat pada R Square sebesar 0,324 menunujukan bahwa 32,4% keputusan pembelian online melalui aplikasi shopee dijelaskan oleh variabel gaya hidup, harga dan kepercayaan sedangkan sisanya 67,6% dapat dijelaskan oleh variabel-variabel lain yang tidak ada pada penelitian ini.
Kata Kunci : Gaya Hidup, Harga, Kepercayaan, Keputusan Pembelian