Strategi Pemasaran dalam Perspektif Etika Bisnis Islam Studi pada Pengusaha Mebel Desa Potoan Daja, Palengaan, Pamekasan
DOI:
https://doi.org/10.62589/alujrah.v3i01.250Kata Kunci:
Strategi Pemasaran, Etika Bisnis IslamAbstrak
Pemasaran merupakan kegiatan yang sangat penting dalam keberlangsungan hidup dari perusahaan, hal itu disebabkan karena pemasaran sebagai usaha untuk merealisasikan tujuan perusahaan, mengembangkan usaha, mendapatkan keuntungan dan untuk mempertahankan kelangsungan hidup perusahaan tersebut. Etika tidak akan lepas dalam kehidupan manusia. Etika tidak lain adalah aturan prilaku, adat kebiasaan manusia dalam pergaulan antara sesamanya dan menegaskan mana yang benar dan mana yang buruk. Dalam membuat strategi pemasaran harus memperhatikan etika sehingga bisnis yang akan dijalankan tidak mengalami kerugian. peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriktif. Data primer dan data sekunder, teknik yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dokumentasi. Berdasarkan penjelasan diatas dapat disimpulkan, strategi pemasaran yang dilakukan oleh pengusaha mebel di Desa Potoan Daja seperangkat alat pemasaran yang disebut bauran pemasaran untuk mencapai tujuan pemasarannya. Bauran pemasaran terdiri dari produk, harga, promosi dan distribusi, dan tinjauan etika terhadap strategi pemasaran para pengusaha mebel sudah sesuia dengan etika bisnis islam yaitu, produk yang dihasilkan merupakan produk yang disesuaikan dengan permintaan dari konsumen. Harga yang ditetapkan sudah disepakati dan disesuaikan dengan para pengusaha sehingga tidak terjadi perang harga, promosi yang dilakukan disesuaikan dengan kondisi dari produk yang dihasilkan sehingga tidak ada yang ditutup-tutupi dan distribusi yang yaitu distribusi langsung oleh produsen ke konsumen.
Kata Kunci: Strategi Pemasaran, Etika Bisnis Islam