Menjadikan Growth Mindset Solusi Bagi Kesenjangan Prestasi dalam Akademik di Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.62589/alujrah.v2i02.234Kata Kunci:
Growth mindset, Indonesia, kesenjangan prestasiAbstrak
Dengan keadaan pembelajaran Indonesia saat ini masih terbilang kurang dibandingkan negara lain. Salah satu penyebabnya adalah system pembelajaran yang hanya memfokuskan hasil akhir, padahal yang dibutuhkan masa depan adalah pemikiran yang maju dan berkembang (growth mindset). Dengan metode penelitian kualitatif maka penelitian ini akan menjelaskan solusi untuk Indonesia dalam menghadapi kesenjangan prestasi di akademik. Untuk mengatasi kesenjangan dalam prestasi akademik, seringkali diperlukan pendekatan yang holistik, seperti penerapan konsep growth mindset untuk menciptakan lingkungan pendidikan yang mendukung pertumbuhan akademik dan pribadi yang merata bagi semua siswa. Growth mindset adalah keyakinan bahwa kemampuan seseorang dapat dikembangkan dan bahwa segala sesuatu dapat dicapai melalui belajar. Dengan mempromosikan penerapan ini besar keinginan hasil pada setiap siswa untuk tumbuh, berkembang, dan mencapai kesuksesan akademik, hal ini dapat membantu mengurangi kesenjangan dalam prestasi akademik di Indonesia.